denbagusagung[dot]com. Perawatan khusus mesin motor 4 tak.
Setiap pengendara motor tentu ingin tunggangannya terawat dengan baik,
dan irit bahan bakar seperti sepeda motor 4 tak. Untuk mereka yang
menggunakan motor sebagai kendaraan operasional, tentu berharap
kendaraannya akan berumur panjang.
Untuk para bikers, sebutan bagi para
pengendara motor, merawat kondisi mesin dan atribut motor adalah hal
yang wajib. “Setelah jarak tempuh motor mencapai maksimal 3000 km, oli
mesin harus diganti,” jelas Deny, mekanik dari bengkel Clinic di Jl.
Kerja Bakti, Jakarta Timur.
Nah, ada berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang harus Anda lakukan secara berkala, diantaranya adalah:
1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor, “Cek businya, seandainya masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km, sebaiknya businya di ganti,” jelas Deny yang lulusan Sekolah teknik Mesin (STM).
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor, “Cek businya, seandainya masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km, sebaiknya businya di ganti,” jelas Deny yang lulusan Sekolah teknik Mesin (STM).
Perhatikan pula keadaan kabel koil yang
menghubungkan arus listrik ke busi, bila sudah cukup umur, terlihat
ada retakkan dan pengerasan di kabel, sebaiknya segera diganti.
2. Cek Filter Karburator
Menurut Deny, filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. “Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an, menggunakan model filter basah seperti ini,” tambahnya.
Menurut Deny, filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. “Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an, menggunakan model filter basah seperti ini,” tambahnya.
Sedang motor keluaran tahun 2000 ke
atas, biasanya menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah,
yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. “Tapi model ini juga memiliki
kelemahan, yaitu wajib diganti setiap mencapai 25 ribu km dan tidak
boleh terkena oli atau minyak,” papar pria berusia 23 tahun ini.
Filter oli pun harus diperhatikan,
“Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi untuk jenis
motor tahun 2000 ke atas, menggunakan filter oli dan wajib di ganti
setiap kurang lebih 10 ribu km.”
3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, “Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km.”
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, “Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km.”
Penghobi motor sejak SD ini, juga
menyarankan Anda untuk tidak lupa memeriksa kondisi gir. “Jika sudah
tajam, lekas ganti, karena kalau tidak rantai dapat putus secara
tiba-tiba,” kata Deny.
Khusus motor jenis Matic yang
menggunakan V/Belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti
setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir sudah beres, sekalian periksa
kampas rem depan dan belakang, ganti bila sudah terlihat menipis.
4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran
2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet.
“Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½
berlawanan arah jarum jam,” paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4
tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.
5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). “Tapi setiap tiga tahun, maksimal, wajib di ganti,” terang Deny.
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). “Tapi setiap tiga tahun, maksimal, wajib di ganti,” terang Deny.
“Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi,” lanjutnya.
Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah
lemah adalah, motor tidak mampu di starter. Deny tidak menyarankan
untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat
merusak gigi transmisi.
6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, menurut Deny, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. “Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning.”
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, menurut Deny, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. “Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning.”
7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.
Selain beberapa hal di atas, Deny juga
mengingatkan para bikers untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda.
“Tekanannya jangan terlalu keras dan jangan kurang, karena dapat
mengakibatkan kembang ban motor menjadi rusak.”
Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda
lakukan sendiri, namun bila tak punya waktu atau kurang mengerti
caranya, carilah bengkel tempat servis langganan atau yang dapat Anda
percayai. Jika Anda bersahabat dan rajin merawat kendaraan, maka motor
kesayangan Anda pun akan selalu tampil prima.
ini seputar Perawatan khusus mesin motor 4 tak.
source: http://resep.web.id
Incoming search terms:
- mesin motor 4 tak
- makalah tentang mesin motor
- perawatan khusus mesin 4 tak
- artikel sepeda motor 4tak
- makalah perawatan mesin motor 4tak
- makalah tentang mesin sepeda motor
- artikel mengenai jenis rantai motor
- makalah tentang mesin mobil
- makalah tentang mesin motor 4 tak
- makalah tentang perawatan mesin kendaraan
- Cara Perawatan Aki Sepeda Motor
- Tips Membeli Sepeda Motor
- Tips membeli-memilih knalpot motor
- Setingan Pas, Denny Kuasai IP110 Indoprix Surabaya
0 komentar:
Posting Komentar